Thursday, July 20, 2017

Mengintip Potensi Wisata Desa Wates Simo

Simo Sendiko - Wates salah satu dari 13 desa di Simo ternyata menyimpan segudang potensi wisata lho. Yuk kita intip ada apa sih di Desa Wates. Explorasi di Desa Wates dimulai saat pengambilan gambar untuk pembuatan film dokumenter desa se Kecamatan Simo. 

Wates dapat dikatakan sebagai desa terpanjang di Simo, pasalnya Desa ini membentang dari Kedunglengkong hingga Batangan Andong. Jalan - jalan ke Wates kamu benar - benar bisa merasakan suasana desa yang sebenarnya, pohon - pohon langka dan besar masih ada di Desa ini. Bukit - bukit dan sungai jernih adalah gambaran asrinya Wates. 

Potensi wisata di Wates dimulai dari sendang di Dukuh Mojo. Kolam alami ini bernama Sendang Slamet yang berukuran sektiar satu rumah jawa besar ini merupakan sumber mata air sejumlah penduduk Desa Wates. Sumber air digunakan untuk kebuthan rumah tangga. 

Berjalan keatas bukit Kendeng dengan ketinggian 222 mdpl, terdapat Makam Tumenggung Yudho Kusumo yang merupakan leluhur cikal bakal Desa Wates. Sesepuh tersebut adalah prajurit Pangeran Diponegoro yang masih berdarah Keraton Surakarta dan Yogyakarta. Selain itu, disektiar makam teradapat pula makam adik Yudho Kusumo dan Tumengung serta penginkutnya. Terdapat pula makam kembar yang dikenal dengan Cungkup. Menuju lokasi, anda dapat menghubungi mbah Warsidi yang siap mendampingi bahkan sudah lebih dari 40 tahun menjaga, dan merawat makam.


Di Desa Wates tepatnya di antara Dukuh Kenteng dan Dukuh Gunung juga terdapat peningkalan Belanda yaitu berada di "Kedung Lo". Saluran air kaya terowongan ini konon dibangun pada zaman penjajahan. Aliran air mengalir dibawahnya dan cocok dijadikan menjadi wisata alam.

Lebih dari itu, sebenarnya masih ada banyak lagi potensi Wates seperti Watu Kursi, Watu Leter, dan lainya. Kehadiran wisata di Wates sangat ditunggu yang nantinya menjadi daya tarik dan meningkatkan sektor pariwisata di kecamatan Simo, sehingga Simo menjadi salah satu Kecamatan yang diperhitungkan dibidang pariwisata. (Agung Prasetyo)

Simo Sendiko

Author & Editor

Simo Sendiko adalah gerakan. Usaha untuk mengajak semua pihak untuk ambil bagian dalam kegiatan kolaboratif pada berbagai aspek potensial yang terdapat didalam wilayah kecamatan Simo.

1 komentar:

  1. Ternyata kalau dilihat lebih dalam ternyata di setiap desa memiliki potensi wisata. Peluang wisata yang sudah ada perlu difasilitasi, diperbaiki, dan disajikan dengan tampilan yang representatif. Jika sudah seperti itu sudah dipastikan wisata tersebut akan ramai, mengingat peluang wisata yang sedang mengeliat sekarang ini. Desa Wates dengan potensi kolam air dan sungai sudah lebih cukup untuk dikembangkan. Perlu adanya pihak yang memiliki hasrat yang kuat untuk memulai dan memilhara wisata tersebut. Pada akhirnya baik Wates maupun Simo akan lebih dikenal lagi sebagai salah satu daerah wisata di Boyolali

    ReplyDelete